Apa kabar Bapak /Ibu yang terhormat, Excellent akan selalu memberikan solusi untuk akuntansi anda. Kali ini kami akan memberikan Tips and Trick tentang cara input Job Costing
Job Costing adalah form yang diberikan oleh excellent untuk penginputan suatu proses pembuatan barang baru yang diambil dari beberapa barang. Misalnya perusahaan penjual handphone. Mempunyai paket A B dan C. Sebagai contoh untuk paket A terdiri dari AC Panasonic dan AC LG. Untuk pembuatan paket A ini membutuhkan beberapa biaya. Yang biaya tersebut akan menambah HPP dari paket tersebut.
Berikut ini adalah cara penyelesaiannya :
1. Pilih menu bar stock - Job Costing
2. Pilih New
3. Isikan akunh Job Costing dengan akun dalam proses persediaan
4. Isikan description paket A
5. Pilih item - itemnya
6. Jika ada biaya masuk ke expense, pilih biayanya
7. Kemudian simpan
Kemudian jika paket A tersebut telah selesai maka harus dibuat finishingnya. Caranya seperti dibawah ini :
1. Pilih menu bar - Job Costing
2. Pilih Job Costing yang telah dibuat
3. Klik finishing
4. Silahkan pilih penyelesaiannya to account atau to item
5. Jika pilih to acount tentukan akan menambah akun apa
6. Jka pilih to item harus pilih item paket A ( jika belum ada dibuat terlebih dahulu dengan type inventory ) - OK
7. Maka akan muncul konfirmasi roll overthis job ?
8. Pilih OK
Demikianlah langkah penginputan Job Costing yang dapat saya jelaskan. Semoga bermanfaat untuk para pembaca yang membutuhkan fitur ini .
Jika anda membutuhkan progam Excellent, presentasi (demo software), training dan implementasi silahkan menghubungi saya:
Supandi
Telp : 021-5308617 / 70404100
Fax : 021-5308619
Sms : 083877177119
BBM : 274134C7
E-mail : marketing@asc-intl.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar